Selasa, 06 November 2007

BAB 6

1. Sebutkan empat jenis dasar model. Model mana yang paling jarang digunakan manajer ? Yang mana paling sering ?
Jawab :
Empat jenis dasar model adalah :
-Model Fisik.
-Model Naratif.
-Model Grafik.
-Model Matematika.
Model yang paling jarang digunakan adalah model matematika, karena biasanya model matematika hanya dipergunakan sekali tiap periodenya, seperti menghitung EOQ, sehingga tidak dipergunakan setiap hari.
Model yang paling sering dipergunakan adalah model naratif, karena setiap hari manajer harus menjelaskan secara lisan untuk menjelaskan kondisi yang ada sekarang ini.

2. Kemampuan apa yang hanya disediakan semua model ? Kemampuan apa yang hanya disediakan model matematik ?
Jawab :
-Keempat jenis model mempermudah pemahaman dan komunikasi.
-Model matematika berbeda dari model lainnya karena dapat memperkirakan yang akan terjadi di masa depan, tetapi tidak 100% akurat.

3. Apa sajakah empat arus sumber daya fisik ?
Jawab :
-arus material
-arus personil
-arus mesin
-arus uang

4. Apa perbedaan antara sistem Iingkaran terbuka dan sistem lingkaran tertutup ? Jenis mana yang menggambarkan suatu perusahaan bisnis ?
Jawab :
-Sistem lingkungan terbuka= suatu sistem tanpa lingkaran umpan balik atau mekanisme pengendalian.
-Sistem lingkungan tertutup=suatu sistem yang memiliki lingkaran umpan balik dan mekanisme pengendalian.
Dimana Sistem lingkungan tertutup menggambarkan suatu perusahaan bisnis.

5. Sebutkan empat dimensi informasi yang harus dipertimbangkan manajer !
Jawab :
a.relevansi
b.akurasi
c.ketepatan waktu
d.kelengkapan

6. Berikan komentar atas pernyataan berikut:
a. Informasi yang dihasilkan oleh pengolah informasi harus bebas dari kesalahan.
b. Sebuah pengolah informasi harus memberikan manajer sebanyak mungkin informasi.
Jawab :
a. tidak mungkin juga karena bagaimanapun informasi yang akurat, manajer juga menerima ketelitian yang kurang dari sempurna.
b. tidak juga, manajer harus mampu menetukan jumlah rincian yang diperlukan.

7. Mengapa standar disediakan bagi pengolah informasi ?
Jawab :
Supaya para manajer dapat mengendalikan sistem, mereka memerlukan sesuatu yang lebih khusus dari pada tujuan, dan ini dcapai melalui standar.
* Standar adalah suatu ukuran kinerja yang dapat diterima , idealnya dinyatakan dalam ukuran yang spesifik.

8. Informasi yang dikumpulkan dari lingkungan sampai kepada manajer melalui jalur yang melewati model. Jalur apakah itu ?
Jawab :
Jalur informasi dan data.

9. Elemen pemecahan masalah manakah yang juga muncul dalam model sistern urnum perusahaan ?
Jawab :
Standar, informasi dan data.

10. Elemen model sistem umum apa yang akan memberikan keadaan yang diharapkan ? Keadaan saat ini ?
Jawab :
-kriteria solusi.
-Tugas saat ini adalah menjaga keadaan soal ini pada yang tingkat lebih tinggi, jika tingkat kinerja yang lebih tinggi dapat dipertahankan maka keadaan yang diharapkan harus ditingkatkan.

11. Agar suatu masalah menjadi terstruktur, apa yang harus manajer ketahui mengenai masalah itu ?
Jawab :
Agar suatu masalah menjadi terstruktur, seorang manajer harus mengetahui elemen – elemen masalah dan hubungan antar elemen tersebut.

12. Siapa atau apa yang memecahkan masalah terstruktur? Masalah tidak terstruktur? Masalah semi-terstruktur?
Jawab :
-masalah terstruktur: karena terdiri dari elemen-elemen & hubungan antar elemen yang semuanya dipahami oleh pemecah masalah.
-masalah tidak terstruktur: elemen-elemen atau hubungan antar elemen yang tidak dipahami oleh pemecah masalah.
-masalah semi terstruktur: masalah yang berisi sebagian elemen-elemen atau hubungan yang dimengerti oleh pemecah masalah.

13. Nama apa yang digunakan Dewey untuk masalah ? Untuk keputusan ?
Jawab:
Dewey tidak menggunakan istilah pendekatan sistem, tetapi ia menyadari sifat berurutan dari pemecahan masalah dimulai dengan suatu permasalahan, mempertimbangkan bermacam cara memecahkanya dan memeilih solusi yang tampaknya paling baik.

14. Apakah tiga tahap usaha dalam menerapkan pendekatan sistem ?
Jawab :
Tahap I : Usaha persiapan
Tahap II : Usaha definisi
Tahap III : Usaha solusi

15. Sebutkan tiga cara untuk membagi suatu perusahaan menjadi subsistem-subsistem.
Jawab :
-Area bisnis
-Tingkat bisnis
-Arus sumber daya

16. Siapa yang berada dalam posisi terbaik untuk mengenali pemicu masalah ?
Jawab :
Yang berada dalam posisi terbaik untuk mengenali pemicu masalah ialah orang yang mempunyai rasa tanggung jawab yang besar terhadap pokok permasalahan orang tersebut tidak memihak kepada siapapun. Dalam posisi ini kedua-duanya sama-sama bersalah.jadi, orang yang bertanggung jawab itu harus benar-benar mempunyai sikap tegas dan menyelesaikannya sesuai prosedur yang berlaku dalam perusahaan tersebut.

17. Apakah empat karakteristik yang diharapkan dari standar ?
Jawab :
Empat karakteristik yang diharapkan dari standar adalah:
-Keadaan yang diharapkan
Apa yang harus dicapai oleh sistem
-Keadaan saat ini
Apa yang sedang dicapai oleh sistem
-Pemecahan masalah
Jika keadaan saaat ini dan keadaan yang diharapkan sama, tidak terdapat masalah dan manajer tidak mengambil tindakan.
Jika kedua keadaan itu berbeda, sejumlah masalah merupakan penyebabnya dan harus dipecahkan.
-Pemecahan alternative

18. Apakah perbedaan, jika ada antara kriteria solusi dan kriteria evaluasi ?
Jawab :
Perbedaan antara kriteria solusi dan kriteria evaluasi, jika ada:
-Kriteria solusi, apa yang diperlukan untuk mengubah keadaan saat ini menjadi keadaan yang diharapkan.
-Kriteia evaluasi, untuk mengukur seberpa baik suatu alternatif dapat memecahkan masalah .
Walaupun kriteria evaluasi dapat menyediakan banyak jalan menuju solusi masalah, tetapi ukuran dasarnya adalah seberapa jauh suatu alternatif memampukan sistem untuk mencapai tujuan.
Jadi tidak ada perbedaannya karena krieria evaluasi adalah suatu alternatif untuk memecahkan masalah dari kriteria solusi yang dapat mengubah keadaan saat ini yang diharapkan.

19. Sebutkan tiga cara memilih alternatif terbaik menurut Mintzberg ?
Jawab :
Tiga cara memilih alternatif terbaik menurut Mintzberg yaitu:
-Analisis
Suatu evaluasi sistematis atas pilihan-pilihan dan mempertimbangkan pilihan tersebut pada tujuan organisasi.
-Penilaian
Proses mental dari seorang manajer.
-Tawar menawar
Negoisasi antara beberapa manajer.

Tidak ada komentar: